Pigura / Frame Foto dari Koran Bekas

Kerajinan Koran Bekas

Kerajinan tangan dari koran bekas ---- Pada saat ini banyak sekali media Informasi yang beredar baik itu media elektronik maupun media cetak. hal ini memudahkan kita untuk  mengetahui berita atau perkembangan yang ada, bukan hanya dari dalam negeri bahkan dari luar negeri sekali pun dapat kita ketahui. Pada saat ini kebanyakan orang menggunakan media cetak sebagai sumber berita salah satunya adalah koran sehingga hampir setiap hari mereka membeli koran bahkan berlangganan, masyarakat lebih memilih koran sebagai sumber berita karena koran dirasa lebih santai dalam menikmati berita, biasanya apabila seseorang sedang libur dari aktifitas nya mereka memilih untuk bersantai dengan membaca koran ditemani dengan teh atau kopi hal ini dapat menciptakan suasana yang tentram dan damai (Katanya sihh hihihi).
Pigura dari Koran Bekas
Kerajinan dari koran bekas ---- Akan tetapi penggunaan koran ini dapat menimbulkan limbah yang begitu banyak apalagi apabila kita langganan koran bayangkan saja apabila ada 1000 orang yang berlangganan Koran, maka dengan begitu akan menghasilkan limbah koran bekas sebanyak 1000 koran per hari dan apabila di kalikan kedalam 30 hari maka limbah yang di hasilkan sebanyak 30.000 lembar tentu itu jumlah yang sangat banyak kan. Pada saat ini limbah Koran tersebut hanya digunakan sebagai bungkus gorengan atau paling banter koran bekas tersebut di jual kepada pengepul untuk didaur ulang akan tetapi nilai jual koran bekas tersebut sangatlah murah paling berkisar antara 1000 s/d 1500 per kilo.

Kerajinan dari Koran Bekas ---- Namun tahukah sobat kalau koran bekas tersebut dapat dijadikan barang yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, koran bekas ini dapat dibentuk menjadi barang-barang yang memiliki manfaat lebih dan juga memiliki nilai ekonomis, pada kesempatan kali ini "kreasiku" akan sedikit mengulas bagaimana cara pembuatan kerajinan tangan dari koran bekas yaitu Pigura/Frame Foto.

1. Kerajinan Tangan Dari Koran Bekas ---- Frame/Pigura Foto

Dalam Pembuatan Frame / Pigura foto dari Koran bekas / Kertas bekas ini terbilang cukup mudah karena kita cukup membutuhakan Koran Bekas / Kertas bekas sebagai bahan dasar pembuatan nya, untuk bahan yang digunakan dalam pembuatan pigura ini diantaranya :
  1. Kertas Bekas / Koran Bekas
  2. Triplek / Kertas Kardus yang tebal
  3. Lem
  4. Pewarna / Cat
  5. Pernis
  6. Aksesoris (menyesuaikan dengan selera masing-masing)
Langkah-langkah pembuatan kerajinan tangan (Pigura) ini adalah sebagai berikut :
  1. Ambil kertas bekas / Koran bekas dan gulung lembaran koran tersebut hingga menyerupai lidi dan keras kemudian agar gulungan koran bekas tersebut tidak berubah maka pada bagian ujung nya di beri lem.
  2. Siapkan kardus / Triplek  dan kemudian dipotong sesuai dengan ukuran yang di inginkan.
  3. agar mempermudah dan memperindah hasil buatlah pola pada permukaan kardus tersebut.  
  4. Setelah tahap 1-2 selesai gulungan koran bekas tersebut di potong dengan menggunakan gunting sesuai dengan kebutuhan.
  5. untuk mempermudah pengerjaan penempelan maka kardus yang telah dipotong di berikan lem hingga merata.
  6. Tempelah potongan gulungan kertas tersebut sesuai pola yang telah di bentuk dan diusahakan agar potongan dapat menempel secara sempurna karena di khawatirkan akan terlepas ketika proses finishing.
  7. Setelah penempelan sesuai dengan pola yang diinginkan maka langkah selanjutnya adalah proses pengecatan dan pemberian pernish hal ini bertujuan agar menambah keindahan dan kekuatan dari pigura tersebut.
Demikinan lah beberapa kerajinan tangan dari koran bekas, semoga artikel ini dapat menjadikan koran bekas yang tidak bernilai menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis .
terimakasih.


Kerajinan Koran Lainnya :

 



First